Unit Input/ Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor
yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
Dasar dari elemen perangkat keras yang terkandung pada I/O adalah bus,
device controller, dan I/O itu sendiri. Kinerja kerja pada data yang bergerak
antara device dan memori utama di jalankan oleh CPU, di program oleh I/O atau
mungkin DMA controller. Modul kernel yang mengatur device adalah device driver.
System-call interface yang disediakan aplikasi dirancang untuk menghandle
beberapa dasar kategori dari perangkat keras, termasuk block devices, character
devices, memory mapped files, network sockets dan programmed interval timers. Subsistem
I/O kernel menyediakan beberapa servis. Diantaranya adalah I/O schedulling,
buffering, spooling, error handling dan device reservation. Salah satu servis
dinamakan translation, untuk membuat koneksi antara perangkat keras dan nama
file yang digunakan oleh aplikasi. I/O system calls banyak dipakai oleh CPU,
dikarenakan oleh banyaknya lapisan dari perangkat lunak antara physical device
dan aplikasi. Lapisan ini mengimplikasikan overhead dari alih konteks untuk
melewati kernel’s protection boundary, dari sinyal dan interrupt handling untuk
melayani I/O devices
22. Perbedaan Unit Input Dan Unit Output
1) Unit
Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan
untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk
mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch
panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses
file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Input device berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya.
Peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a.
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
b.
Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini
terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan
unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang
diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard
komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh
perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis
QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO
(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah
104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps2, usb dan wireless. Jenis-Jenis Keyboard :
1)
QWERTY
2)
DVORAK
3)
KLOCKENBERG
Keyboard yang
biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti
tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1) typewriter
key
2) numeric
key
3) function
key
4) pecial
function key.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook,
yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan
sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang
sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan
men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.
Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi
DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner
untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir
untuk pilihan sekolah.
h.
Kamera Digital
perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan
kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini
ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu
banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam
memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
i.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang
akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan
mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang
kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan
perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound
card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j.
Graphics
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan,
rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads
yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
2)
Output Device
Output device bisa
diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan
ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat
dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil
proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Visual Display, output yang ada akan disajikan melalui suatu alat yang
bentuknya mirip dengan televisi. Pada saat ini, visual display sudah merupakan
satu kesatuan dari sebuah komputer
Media magnetic,
merupakan media ketiga yang bisa digunakan untuk menampung output komputer.
Output yang ada akan disajikan dalam bentuk guratan-guratan magnetic yang bisa
digunakan untuk menyimpan secara langsung hasil pemrosesan. Media ini telah
dibahas pada bab sebelumnya, yaitu media penyimpan data.
Speaker, merupakan
media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output
device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan
pelbagai peralatan audio message. Media ini tidak dibahas dalam bab ini.
- Monitor/ Display
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer
dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya
layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna
bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat
apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam
keadaan benar atau belum. Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan
tabung sinar katoda atau cathode ray
tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa
dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan
bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi
bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila
ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat
dibentuk pada layar monitor. Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang
terbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran
phospor, maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang
bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut sebagai "raster pattern"
- Printer
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan
tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis
printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga,
kualitas ataupun teknik peng-operasiannya. Contoh dan jenis printer :
·
Daisy Wheel Printer
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah
piringan. Oleh pemakai, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis
huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih
cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan
sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa
digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.
·
Dot Matrix-Printer
Head dari printer jenis ini, terdiri
atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk
sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images
melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga
merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson
LX-80, adalah 80 caharacter per second.
·
Ink-Jet Printer
Printer jenis ini menggunakan sistem yang
berbeda dibanding dengan printer sebelumnya. Proses pencetakkannya menggunakan
semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia
cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena
menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak
menimbulkan suara/ brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
·
Laser Jet Printer
Printer jenis ini memakai sistem yang
hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil
cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya.
Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak
titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.
·
Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang
dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar
ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka
pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur
banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon,
ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
Greetings!
BalasHapus