Senin, 28 Mei 2012

ANALISIS WEB


BAB I
PENDAHULUAN
Tugas analisa user interface (UI) pada website ini adalah agar dapat memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Selain itu dapat mengetahui ciri-ciri website yang baik dan kurang baik dan dapat membandingkan analisa yang dilakukan dengan teori yang telah diterima.
Seperti yang kita ketahui bahwa web informasi yang beralamat www.rcti.tv adalah salah satu website yang dibuat untuk informasi berupa online. Disini kami akan menganalisa website ini dan akan menguraikan analisis yang sudah kami lakukan di web rcti.tv sebagai bagian tugas dari kuliah kami.
Profil Perusahaan
Tanggal 24 Agustus 1989 sebuah catatan penting digoreskan dalam lembaran sejarah pertelevisian Indonesia, stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI, mulai mengudara secara terrestrial di Jakarta. Menayangkan berbagai program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik. RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen perubahan dan pembaharu dalam dinamika sosial masyarakat di Indonesia.
Saat ini RCTI merupakan stasiun televisi yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia, melalui 48 stasiun relaynya program-program RCTI disaksikan oleh lebih dari 190,4 juta pemirsa yang tersebar di 478 kota di seluruh Nusantara, atau kira-kira 80,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Kondisi demografi ini disertai rancangan program-program menarik diikuti rating yang bagus, menarik minat pengiklan untuk menayangkan promo mereka di RCTI.
Sejak awal, cita-cita RCTI adalah menciptakan serangkaian acara unggulan dalam satu saluran, yang memungkinkan para pengiklan memilih RCTI sebagai media iklan-iklan mereka. Cita-cita itu menjadi nyata karena sejak berdiri hingga saat ini RCTI senantiasa menjadi market leader. Di usianya yang ke-22, tahun 2011 (periode Januari - Desember 2011) RCTI tetap mempertahankan posisi market leader dengan pangsa pemirsa mencapai 17.5% (ABC, 5+) dan 17.8% (All Demography). RCTI juga berhasil mempertahankan pangsa periklanan televisi tertinggi sebesar 15.7% (periode Januari - Nopember 2011), seperti dilaporkan oleh Nielsen Audience Measurement.
Di RCTI, kualitas bukanlah kata tanpa makna, melainkan harmonisasi dari mimpi, idealisme, kesungguhan, kerja keras, kebersamaan, dan doa. 6 (enam) aspek tersebut tercermin dan mewarnai program-program RCTI yang mengusung motto "Kebanggaan Bersama Milik Bangsa" namun tampil dalam kemasan yang "oke". Kualitas program-program RCTI pada akhirnya mengantarkan RCTI untuk selalu menjadi yang terdepan dalam industri penyiaran TV di Indonesia.


BAB II
PEMBAHASAN
            Kami menganalisa website informasi ini, dengan melihat enam prinsip yang ada dalam materi Design Grafis pada mata kuliah IMK. Prinsip-prinsip Design Grafis yaitu :
1.      Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.
Contoh : Metafora tampilan desktop.





2.      Clarity (Kejelasan)
Adalah alasan yang kuat atau masuk akal digunakannya setiap  elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Pada tampilan web rcti.tv dari segi Clarity cukup baik karna tidak terlalu banyak memasukan elemen yang tidak terlalu penting. Susunan halaman web rcti.tv yang teratur dan disertai link-link yang jelas akan menjadi daya tarik kepada pengunjung. Semua data dan informasi disusun agar terkemas dengan baik. Ini akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan mereka. Para pengunjung pasti akan kembali ke halaman web jika web tersebut dapat memenuhi apa yang diinginkan



Dan untuk tampilan isi dalam website tersebut






3.      Consistency (Ketetapan)
Adalah konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Terdapat konsistensi yang baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
Tampilan website konsisten
Website ini termasuk konsisten, terlihat dari segi pewarnaannya. Penggunaan warna latar belakang sama untuk setiap page, yaitu biru. Warna teks yang mendominasi pada setiap halaman, yaitu putih untuk indikasi link biru dan putih dan untuk link isi web itu sendiri berwarna merah dan putih, untuk selainnya (header, navigasi, dan footer pengecualian). Website ini mengguanakan jenis huruf  Calibri dengan ukuran tulisan yang sama untuk setiap halamannya. Terlampir contoh yang dimaksud :


Dan untuk link isi web berwarna merah dan putih


a.      Warna
Warna merupakan salah satu elemen yang penting dalam tampilan sebuah situs. Situs dengan pemilihan warna yang baik akan membuat pengakses nyamann dah mempunyai kesenangan tersendiri pada saat mengakses situs dan menbaca isi dalamnya.
Halaman-halaman yang ada di situs rcti.tv. memiliki kekonsistensian dapat di lihat yakni dalam hal. Pemberian warna background untuk tiap halaman yang selalu sama. Peletakan navigation bar yang sama untuk setiap halaman yaitu di tepi paling atas dan paling bawah tiap-tiap halaman. Warna yang dominan biru mencerminkan warna yang baik dengan kombinasi huruf atau teks putih karena orang yang sekalipun buta warna dapat membaca isi dari informasi yang ada di rcti.tv.

Latar belakang
Garis Tipis dan Teks
Garis Tebal dan Teks
Keterangan
Biru
Biru, hitam
Putih, biru
Link page web
Biru
Hitam, putih
Putih, merah
Link isi web

b.      Screen Resolution
Website rcti.tv menggunakan screen resolution 2310 x 3500 pixel dan web bersifat rata kanan kiri, sehingga pengguna yang mengguanakan screen resolution 800 x 600 pixel harus scrolling beberapa kali supaya bisa melihat semua halaman website. Lebih baik pengembang menggunakann ukuran web yang dinamis. Lebar halaman didefinisikan  dengan menggunakan ukuran presentase. Cara ini lebih baik karena tidak bergantung kepada resolusi komputer.
c.       Grafik
Teknologi terkini internet mengizinkan bukan saja teks malah grafik dipamerkan didalam halaman web. Hal ini akan memperlihatkan keceriaan di dalam halaman web dan membuatnya sekaligus tampak menarik. Pilihlah gambar yang dapat menyampaikan maksud dan tidak membebani. Buatkan gambar yang kecil dan “fast-loading” karena pengunjung tidak suka menunggu terlalu lama agar suatu tampilan muncul kesemuanya. Untuk mengoptimakan gambar, gunakan gambar di dalam format 16 color. Menggunakan icon dan gambar yang kecil dan relevan adalah pilihan terbaik terutama pada navigation bar. Grafik bagi navigation bar akan muncul di setiap tampilan halaman web untuk membolehkan proses load setiap tampilan lebih cepat dengan adanya chace. Kita juga boleh merancang memberi pilihan kepada pengunjung yang ingin memlihat halaman web di dalam versi teks saja untuk menghindari kelambatan.
d.      Font
Dari segi penggunaan font tulisan tercermin web rcti.tv bertujuan untuk memberikan informasi karena menggunakan jenis tulisan Calibri yang biasa digunakan untuk hal yang formal. Tetapi design web rcti.tv ditambahkannya banner yang menggambarkan ketertariakan sebuah isi dari informasi. Meskipun web ini tidak bersifat komersial tapi bukan berarti di web ini tidak ada sesuatu yang menjadi menarik perhatian pemgunjung. Hampir kebanyakan orang tahu rcti.tv media online.
e.      Texk (Moving Text)
Pengembang menggunakan teks bejalan mungkin untuk menarik perhatian pengguna atau membuat tampilan website lebih menarik perhatian pengguna. Di lain pihak, pengguna biasanya menganggap bahwa teks berjalan merupakan sesuatu yang tidak penting (iklan dan sejenisnya) sehingga diabaikan. Di dalam rcti.tv juga hal itu dianggap tidak penting karena di dalam content sudah terdapat animasi text dari iklan-iklan yang di pasang dengan menggunakan animasi yang interaktif. Pengguna teks berjalan juga menyulitkan pengguna untuk mendapatkan informasi karena mereka harus menunggu sampai semua teks ditampilkan. Jika ada informasi yang terlewat mereka harus menunggu sampai teks berjalan looping kembali.
f.        Bahasa
Bahasa yang digunakan pada web rcti.tv ini terdapat dua bahasa. Bahasa yang pertama bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang saling berpadu.
g.      Logo dan Nama website
Logo dan nama website biasanya terletak di pojok kiri atas dan posisinya konsisten di semua halaman. Logo dan nama website merupakan identitas utama yang di gunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Website rcti.tv memiliki logo dan nama website seperti tampilan berikut ini :




h.      Link
Link biasanya digunakan oleh pengguna untuk pergi ke halaman lain sebuah website. Link pada website ini dibuat berwarna biru di bagian body dan huruf berwarna putih dan link-link tersebut ada yang diberi garis bawah dan ada yang tidak, dan link tersebut diberikan popup yaitu ketika kita menggeser kursor kita maka secara otomatis akan memeperbesar judul dari link tersebut. Dibawah ini tampilan link di website rvti.tv :




i.        Konten selalu di update
Analisis terhadap www.rcti.tv adalah cukup update. Website rcti.tv update untuk artikel-artikel dan berita-berita seputar kegiatan yang dilakukan oleh pihak rcti tv. Database berita secara otomatis akan bertambah dan tergantikan dengan yang baru dalam waktu yang ditentukan yaitu setiap hari.
4.      Alignment (Perataan)
Untuk perataan dalam website rcti.tv menggunakan rata kanan kiri. Dapat mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.
5.      Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut.


6.      Grids
Garis horisontal dan vertikal (tersembunyi) untuk membantu.
  • Mengalokasikan komponen-komponen jendela.
  • Meratakan konteks yang berkaitan.
  • Mengelompokan item-item secara logis.
  • Meminimalisasi banyaknya kendali, mengurangi kekacuan.

7.      Interaktifitas kurang baik
Karena pada website ini tidak terdapat form atau forum untuk mengubah bahasa antara bahasa Indonesia dan bahasa inggris, dalam website ini antara bahasa Indonesia dan bahasa inggris bercampur menjadi satu

8.      Searching
Searching merupakan salah satu fitur yang harus ada jika website tersebut memiliki lebih besar sama dengan 100 halaman. Fitur searching akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi tertentu yang terdapat dalam website tersebut dengan mudah dan cepat. Di dalam rcti.tv pengguna kata kunci dalam search box yang tersedia di website sehingga menghemat waktu pengguna untuk browsing di dalam website. Fitur search terdapat di bagian body website, sebaiknya fitur search terletak di pojok kanan, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan fitur ini saat mengunjungi website. Search box terlalu pendek, panjangnya hanya sekitar 20 karakter. Hal ini akan menyulitkan pengguna jika memasukkan kata kunci yang panjang. Disarankan panjang box search adalah 27 karakter karena memenuhi 90% dari kata kunci pengguna. Pada searching rcti.tv tidak adanya konektifitas ke layanan search angine semacam google atau yahoo. berikut tampilan hasil search pada search rcti.tv :
9.      Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men set item yang paling utama. Item yang paling utama di beri highlight. Guanakan geometri untuk membantu pengurutan. Contoh:

10.  Model Antar Muka (User Interface) Objek – Aksi
Model sintaktik – semantik dari kelakuan manusia digunakan untuk menggambarkan pemrograman, manipulasi database, dan manipulasi langsung. Rincian Sintaktik :
·        Harus sering diperbaharui dengan gui menggantikan bahasa perintah
·        Fokus pada manipulasi langsung objek aksi
·        Harus di hafal
·        Tidak punya aturan jelas.
·        Aspek sintaktik tidak dihapuskan tetapi di minimalis. Konsep Semantik :
§         Stabil di memori, tersusun rapi.
§         Hierarki antar muka objek dan aksi :
ü      Contohnya : penyimpanan informasi pada komputer .
ü      Objek antar muka : File (baris, field, karakter, font, dsb). Direktori (nama, tanggal, penciptaan, dll).
ü      Aksi antar muka : Simpan (simpan file, back-up, mengganti nama, menimpa versi sebelumnya, dsb) hilangnya sintaks. Konsep tingkat tinggi (mengedit file, membuka file).
           Perkembangan teknologi di Indonesia tidak membuat website rcti.tv menggunakan flash, multimedia dan videos. Website ini cukup ramah untuk pengguna yang tidak memiliki aplikasi untuk membuat tampilan browser kompitibel dengan halaman web sebenarnya dan pengguna yang menggunakan bandwith rendah tentu tidak perlu menuggu lama loading website ini. Website rcti.tv memiliki loading yang cepat karena website ini tidak menabahkan fitur-fitur yang memerlukan bandwith yang tinggi jika pengguna ingin cepat melihat halaman keseluruhan web mungkin untuk pengguna yang menggunakan bandwith rendah harus agak mengggu untuk moving text di recent arcive link. Website rcti.tv dibuat menggunakan HTML (Hypertext Markup Language), flash, java script, PHP Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman web server side.
BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis yang dilakukan adalah sebagai berikut :
Kekurangan yang terdapat dalam website rcti.tv yaitu :
  • Tidak terdapatnya search engine yang menyediakan untuk pencarian yang lebih luas.
  • Tidak adanya pengubahan bahasa, sehingga pembaca terkadang kesulitan untuk memahaminya.
  • Tidak memiliki ruang komen, sehingga tidak dapat melakukan feedback atau tidak memiliki timbale balik yang informative.
2.      Saran
Website yang bagus umunya memiliki komponen :
  • Informasi yang disajikan menarik dan berbobot serta update.
  • Menarik dan fast loading.
  • Konsisten.
  • Navigator bar yang konsisten dan tidak menyesatkan.
  • Memiliki tampilan profil, sehingga situs dapat berkembang.
  • Peta site (site map) yang jelas.
      Kriteria penilaian bagus tidaknya website yang paling utama adalah ada tidaknya kenyamanan yang dirasakan oleh pengunjung website ini. Serta info yang diberikan website ini sudah membantu oleh pengunjung atau belum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar